AcehBerita FotoNusantara

Baksos HPN di Tugu Rimba Raya

REDELONG-Sekitar 15 wartawan dari berbagai media cetak dan online di Kabupaten Bener Meriah,  gelar bakti sosial (Baksos) dalam rangka memperingati Hari Pers Nasional (HPN) 2018.  Hanya saja, kendati secara nasional berlangsung di Padang, Sumatera Barat, namun wartawan di daerah ikut memperingati dengan baksos membersihkan kawasan Tugu Radio Rimba Raya.

Nah, kenapa mesti memilih Tugu Rimba Raya ?  Tentu saja tidak terlepas Radio Rimba Raya berperan sangat besar terhadap kelangsungan pemerintahan Republik Indonesia.Dimana  pada saat itu Belanda telah menguasai ibu kota pemerintahan Indonesia. Dan mengumumkan lewat radio Hilversum (milik Belanda) kepada dunia, bahwa Negara Indonesia tidak ada lagi.

Syukurnya,  dengan suara yang sayup lantang dari Dataran Tinggi Tanah Gayo, Radio Rimba Raya membatalkan berita tersebut dan mengatakan bahwa Indonesia masih ada. Siaran itu dapat ditangkap jelas oleh sejumlah radio di Asia sampai Eropah. Akhirnya, akibat berita yang disuarakan itu, banyak negara dunia dengan serta merta mengakui kemerdekaan Indonesia.

Salah seorang wartawan Bener Meriah, Mansurni kepada Aceh24.com mengatakan kegiatan baksos membersihkan lingkungan kawasan radio bersejarah – dengan pancar  1 kilowat  pada frekwensi 19,25 dan 61 meter mengingat peran Radio Rimba Raya dalam menyampaikan informasi. relis

 

 

Related Articles

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
%d blogger menyukai ini: