Awas Nyamuk Demam Berdarah Menyerang

0
46
Nyamuk demam berdarah.int

# Tiga Korban Sudah Jatuh

LHOKSEUMAWE-Korban gigitan nyamuk demam berdarah atau dengue sudah mulai berjatuhan. Di Rumah Sakit Umum, Cut Mutia, Aceh Utara saja dilaporkan tiga pasien terpaksa dirawat.

“Saat ini ada tiga orang sedang dirawat terserang nyamuk demam berdarah,” kata Plt Kadis Kesehatan Aceh Utara, Khalmidawati  melalui Kepala Tata Usaha RSU Cut Mutia, Saiful, S.Sos, Selasa sore (29/1/2019).

Menurut Saiful, korban hisapan nyamuk demam berdarah dialami seorang seorang anak . “Sekarang dalam perawatan di ruang anak,” ujar Saiful.

Lebih lanjut dikatakan, korban lainnya adalah dua orang ibu-ibu. Keduanya dalam perawatan di ruangang nifas.

Hanya saja, ketiga korban hingga berita ini diturunkan belum diketahui asalnya dan sejak kapan mendapat perawatan.

Sekedara mengingatkan, ciri-ciri nyamuk demam berdarah  yang harus diwaspadai  adalah jenis nyamuk demam berdarah ini memiliki sifat anthropofilik, artinya mereka lebih memilih untuk menghisap darah manusia. Selain itu juga bersifat multiple feeding, artinya untuk memenuhi kebutuhan darah sampai kenyang biasanya nyamuk ini bisa menghisap darah beberapa kali.

Sifat multiple feeding inilah yang dapat meningkatkan risiko penularan demam berdarah di wilayah perumahan yang penduduknya lebih padat. Sebab, satu nyamuk yang infektif dalam satu periode waktu menggigit akan mampu menularkan virus kepada lebih dari satu orang.

Warna dan bentuk tubuh nyamuk demam berdarah adalah dengan melihat warna dan bentuknya. Bila Anda menemukan nyamuk dengan ciri-ciri berukuran kecil dan berwarna hitam dengan belang (loreng) putih di seluruh tubuh, maka dapat dipastikan itu merupakan nyamuk demam berdarah. Nyamuk ini memiliki kemampuan untuk terbang setinggi 100 meter sehingga daya jangkau penularannya cukup jauh.

Sementara itu, sifat khas dari nyamuk demam berdarah dapat dilihat dari waktu gigitan. Nyamuk demam berdarah aktif menggigit pada pagi hingga sore hari, paling aktif saat dua jam setelah matahari terbit dan beberapa jam sebelum matahari terbenam.

Nyamuk demam berdarah terkadang menggigit tanpa sepengetahuan Anda karena biasanya nyamuk ini menggigit dari belakang tubuh Anda dan menuju pergelangan kaki dan siku. Gigitannya pun seringkali tidak menimbulkan rasa sakit sehingga Anda mungkin tidak sadar saat terkena gigitan nyamuk demam berdarah.

Secara umum, nyamuk demam berdarah menyukai tempat yang agak gelap dan lembab. Nyamuk Aedes aegypti lebih banyak ditemukan berkembang biak di tempat-tempat penampungan air buatan, misalnya bak mandi, ember, vas bunga, tempat minum burung, kaleng bekas, dan tempat-tempat sejenis.

Sementara itu, nyamuk Aedes albopictus lebih banyak ditemukan di penampungan air alami di luar rumah, seperti ketiak daun, lubang pohon, dan potongan bamboo

Upaya pencegahan lakukan 3M plus, yaitu menutup, menguras, mengubur, dan mendaur ulang barang-barang bekas yang berpotensi menjadi tempat perkembangbiakan nyamuk demam berdarah. Aceh24.com dan berbagai sumber

 

loading...

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.