18.8 C
Aceh
3 Desember 2020
Aceh24
Aceh Berita Foto Nusantara

Awas, Lebaran Uang Palsu Beredar

Foto : Ilustrasi Uang Asli. Aceh24.com

# BI Lhokseumawe: Relatif Kecil

LHOKSEUMAWE-Masyarakat Kota Lhokseumawe, harus mewaspadai beredarnya uang palsu menjelang Hari Raya 1439 H yang tinggal H-10 ini. Sebab, melihat trend masyarakat ingin memenuhi kebutuhan keluarga pada lebaran cukup tinggi.  Ditakutkan, oknum tak bertanggungjawab memanfaatkan situasi dan kondisi ramainya pasar.

Sementara itu, Kepala Bank Indonesia Wilayah Lhokseumawe, Yufrizal menjawab Aceh24.com secara terpisah mengatakan peredaran uang palsu di wilayah BI Lhokseumawe, relative kecil.

“Jelang lebaran ini, peredaran uang palsu relative tidak ada,” kata Yufrizal, Minggu (3/6).

Kendati demikian, urai Yufrizal, jenjang Januari hingga Mei ini diakui memang ada beredar uang palsu.  Tetapi hanya sedikit aja. Sayangnya, saat dihubungi Kepala BI Lhokseumawe, belum dapat memberikan angka nilai uang palsu yang beredar dimaksud.

“Bulan April malah tidak ada sama sekali,” ungkapnya.

Menurut Yufrizal, syukurnya masyarakat semakin paham cara membedakan uang asli dan tidak asli. “Kami terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat,” pungkasnya.

Sekedar mengingatkan, cara paling gampang untuk mengenali uang palsu dan asli adalah dengan rumus 3 D yaitu Dilihat, Diraba dan Diterawang.

Adapun cirri-ciri uang asli ‘ Warna Cerah, Tidak Luntur dan Tidak Patah-Patah. Bagian kiri bawah ada optical variable X. Dicetak dengan tinta pigment khusus yang mana bisa berubah warna kalau dipandang dari sudut pandang perbeda. Kemudian, benang pengaman juga bisa berubah-ubah warna menyesuaikan sudut pandang.

Sedangkan ciri-ciri uang palsu : Terbuat dari kertas tipis dan mudah lecet. Lambang negara tidak ada tekstur.  Tekstur kasar karena terbuat dari tinta sablon.  Aceh24.com

 

Foto : Ilustrasi Uang Asli. Aceh24.com

Related posts

Bupati : Dapat WTP Aneh

Redaksi Aceh24

Makan Siang Anak Rohingya

Redaksi Aceh24

Rapat Paripurna Ke 6 DPRK Aceh Utara

Redaksi Aceh24