20.2 C
Aceh
25 Januari 2021
Aceh24
Aceh

Awas Ijazah Palsu Beredar

LHOKSEUMAWE- Ratusan ijazah palsu diinformasikan beredar dalam wilayah Kabupaten Bener Meriah dan Aceh Tengah. Kok Bisa ? Tentu alasan akibat hilangnya blangko ijazah paket B dan C.

Kepala Dinas Pendidikan Bener Meriah, Sukur kepada wartawan, Rabu (13/1)  membenarkan beredarnya ratusan ijazah palsu di kabupaten penghasil kopi itu.

Buktinya, dinas terakit sempat menahan dua ijazah yang hendak dilegalir ditengarai palsu. “Tadi ada dua orang ingin melegalisir ijazah, namun setelah kita sesuaikan nomor ijazah tersebut dengan data yang ada, nomor itu tidak sesuai,” kata Sukur.

Dijelaskan, dua ijazah tersebut baru dimiliki sejak beberapa bulan lalu meski tahun ijazah itu dikeluarkan pada tahun 2010. “Dari pengakuan kedua orang tersebut, ijazah itu di beli dari seseorang, dan  blangko ijazah itu asli hanya saja nama pemilik ijazah itu ditukar,” ujar mantan kabag humas ini.

Sebelumnya, ia sempat mendapat laporan dari kepala bidang kalau blangko ijazah di Dinas Pendidikan Bener Meriah banyak yang hilang. “Maka jika ada yang melegalisir kami pastikan untuk memeriksanya kembali,”tuturnya.

Sebenarnya, sejak April 2020 lalu pihaknya sudah mengingatkan jika ada ijazah paket B atau paket C yang dilegalisir pastikan nomornya apakah sesuai dengan DNT yang ada atau tidak.

Tak dipungkirinya pula, telah menemukan dugaan beberapa ijazah palsu yang telah dilegalisir dengan stempel basah oleh dinasnya. Hanya saja, tandatangan kadis sudah di scan terlebih dahulu. Saat di cek, nomor itu tidak ada. 

“Sudah menahan belasan dugaan ijazah palsu tersebut di kantor Dinas Pendidikan Bener Meriah. Bila nantinya pihak kepolisian meminta ijazah ini sebagai bukti, maka akan kami berikan,” pungkasnya.

Related posts

Khutbah Solat Id, Kawinlah  Perempuan Yang  Hasilkan Banyak Anak

Redaksi Aceh24

Erupsi Sinabung-Polisi Bagi Masker di Lhokseumawe

Redaksi Aceh24

TNI Tanam 1000 Mangrove

Redaksi Aceh24