AcehBerita FotoNusantara

Awas ! Efek Abu Letusan Gunung Sinabung Bagi Kesehatan

Awas ! Efek Abu Letusan Gunung Sinabung Bagi Kesehatan

LHOKSUKON- Awas atas efek abu letusan Gunung Sinabung bagi kesehatan. Berikut ini adalah beberapa bahaya abu vulkanik bagi kesehatan yang diperoleh dari berbagai sumber :

Bagi Pernapasan
Menghirup debu vulkanik sangat berbahaya bagi kesehatan pernapasan. Material debu yang masuk ke melalui saluran pernapasan bisa menimbulkan iritasi saluran pernapasan hingga infeksi, yang dikenal dengan istilah ISPA (infeksi saluran pernapasan akut).

Beberapa gejala yang dapat timbul pada pernapasan setelah menghirup debu vulkanik Sinabung antara lain:

  • iritasi saluran pernapasan
  • sekresi dahak meningkat
  • iritasi dan radang pada tenggorokan
  • batuk kering
  • dada sakit dan kesulitan bernapas.
aceh24.com

Jika anda atau orang di dekat anda mengalami gejala tersebut, segera amankan ke tempat yang terbebas dari paparan debu vulkanik untuk mencegah efek yang lebih buruk pada pernapasan.

Mata
Tekstur debu atau abu vulkanik berbeda dengan debu biasa. Debu vulkanik memiliki sudut kristal yang meruncing atau tajam, sehingga dapat menggores dan menyebabkan iritasi. Selain berbahaya jika terhirup, debu tersebut juga dapat menyebabkan gangguan pada mata. Selain menyebabkan iritasi, debu vulkanik juga dapat merusak lapisan kornea pada mata.

Beberapa gejala yang bisa timbul pada mata antara lain:

  • iritasi mata (mata memerah)
  • mata terasa gatal dan/atau perih
  • air mata keluar terus menerus
  • abrasi pada kornea mata karena goresan oleh debu vulkanik, sehingga mata menjadi perih

Gunakan kaca mata untuk melindungi mata anda ketika harus berada pada daerah yang terpapar debu vulkanik. Jika debu masuk ke mata, jangan mengucek atau menggosok mata karena justru dapat menyebabkan goresan pada lapisan kornea mata.

Kulit
Material vulkanik, yang mengandung zat-zat berbahaya seperti gas CO, H2S, SO2, juga bisa menyebabkan gangguan pada kulit. Walaupun kasusnya cukup jarang dan lebih sering terjadi pada orang dengan tipe kulit sensitif. Efek buruk yang terjadi pun umumnya bersifat ringan, berupa iritasi dan kemerahan pada kulit yang terpapar, namun cukup membuat penderitanya tidak nyaman.

Mencegah Bahaya Kesehatan oleh Abu Vulkanik

Untuk mencegah terjadinya dampak buruk bagi kesehatan yang disebabkan oleh material vulkanik, khususnya debu dan abu vulkanik, gunakanlah masker atau kain untuk menutupi mulut dan hidung. Ini dilakukan sebagai langkah meminimalisir paparan debu dan abu vulkanik pada saluran pernapasan.

Terlebih bagi mereka yang memiliki riwayat gangguan pernapasan seperti asma atau sakit paru, penggunaan masker sangat diutamakan, dan segeralah mengamankan diri ke tempat yang cukup terhindar dari paparan material vulkanik. Anak-anak dan lansia juga harus diutamakan untuk menggunakan masker pengaman.

Selain itu, gunakan kaca mata untuk melindungi mata agar tidak terjadi iritasi dan gangguan penglihatan. Menggunakan pakaian yang tertutup (celana panjang dan baju yang menutup seluruh lengan) juga disarankan untuk mencegah gangguan kulit yang bisa disebabkan oleh debu dan abu vulkanik. Dari Berbagai sumber kesehatan.

 

Foto : Letusan Gunung Sinabung di Karo, Sumatera Utara, Senin (19/2) pukul 08.54 WIB. Medsos.

Foto : Sinabung erupsi . Dok Aceh24.com

 

Related Articles

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
%d blogger menyukai ini: