Aceh

Adik Bupati Aceh Utara Diduga Terima Bantuan Bibit Kopi

 

Seorang warga melihat bibit kopi jenis timtim yang baru tiba di Dusun Jabal Antara, Alue Dua, Kecamatan Nisam Antara, Aceh Utara,

Adik Bupati Aceh Utara, Dituding Terima Bantuan Bibit Kopi

# Dinas Perkebunan Pilih Bungkam

NISAM ANTARA_ Sebanyak 5 ribu batang bibit kopi jenis timtim yang tiba di kawasan perkebunan warga Dusun Jabal Antara, Gampong Alue Dua, Kecamatan Nisam Antara, atau persisnya Km 39, jalan KKA-Kabupaten Bener Meriah, Kamis (21/9), dituding oleh seorang warga setempat adalah milik adik kandung Bupati Aceh Utara, H Muhammad Thaib.

Bibit kopi jenis timtim dan berlebel sertifikat itu pun saat ini sudah ‘parkir’ disebuah rumah milik warga setempat yaitu Khaidir.

“Saya kurang tahu bibit kopi siapa ini. Tetapi ada yang  titip bibit kopi ini kepada saya sebanyak 5 ribu.  Bibit kopi ini sepertinya dari Takengon yang dipesan oleh dinas. Setelah diturunkan mereka mengambil foto, lalu pergi,” katanya.

Disinggung kenapa jenis timtim, Khaidir mengatakan sangat cocok buat lahan di Km 39 ini, disamping kopi ateng superatau kopi Lampung. lalu, dengan bibit sebanyak itu akan memanfaatkan lahan seberapa luas ? Khaidir yang juga petani kopi setempat menyebutkan biasanya diperuntukkan 5 hektar. Tentu saja, ukuran jarak tanam 2,5 X 2,5 meter.

Punya H Harun Adik Bupati

Sementara itu, informasi berkembang yang diperoleh Aceh24  bibit kopi jenis timtim itu merupakan bantuan dari Dinas Perkebunan, Peternakan dan kesehatan Hewan, di bawah lingkungan  Pemerintah Daerah Aceh Utara, untuk masyarakat Gampong Alue Dua, atau yang memiliki lahan di kawasan Dusun Jabal Antara.

“Bibit kopi itu yang saya untuk masyarakat Alue Dua, Nisam Antara. Itu merupakan bantuan dinas. Tetapi malah bibit kopi itu, untuk  H Harun adik Cek Mad ,” kata Azhar warga Dusun Jabal Antara, kepada Aceh24 saat bertemu di rumahnya kawasan Km 37.

Menurut  bapak tiga putra/i itu, bila benar 5 ribu bibit kopi yang sampai ke Dusun Jabal Antara itu, untuk kepentikan pribadi jangan jual mengatasnamakan  warga Jabal Antara. Dan, setahu saya, akan datang 5 ribu lagi. Jadi semua 10 ribu bibit kopi.

“Saya pun sudah lapor pak Geuchik Alue Dua, agar tidak mau meneken kedatangan lima ribu bibit kopi itu, kalau memang bukan untuk warga setempat. Kita harapkan jangan jual nama warga disini untuk kepentingan pribadi. Tidak ada istilah main mata lagi,” tambah Azhar dengan nada keras.

Kadis Diam Seribu Bahasa

Sayangnya, Kadis Perkebunan, Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Aceh Utara,  Kastabuna, SP.MP saat dihubungi, Kamis sore sekira pukul 16-35 WIB, sehubungan dengan tudingan seorang warga setempat menyangkut bibit kopi bantuan untuk adik pejabat teras Aceh Utara, terkesan enggan berkomentar. Ini terbukti  nomor ponselnya saat dihubungi lebih memilih nada sibuk walaupun sebelumnya tersambung.

Ditempat terpisah, Kabag Humas dan Informasi Aceh Utara, T Nadirsyah juga mengakui sangat sulit menghubungi Kadis Perkebunan, Peternakan dan kesehatan Hewan Aceh Utara, Kastabuna. “Tapi, tunggu dulu ya, saya coba hubungi lagi. Tetapi, soal bantuan bibit kopi itu saya juga tidak tahu,” jawabnya. Aceh24

Foto : Lima ribu bibit kopi jenis timtim tiba di Dusun Jabal Antara, Gampong Alue Dua, Nisam Antara, Aceh Utara. Bibit kopi yang disinyalir bantuan Dinas Perkebunan, Peternakan dan Kesehatan Hewan, Aceh Utara, jutru disebut-sebut untuk adik pejabat  teras  Aceh Utara.  Foto diabadikan, Kamis (21/9). Aceh24

 

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button
%d blogger menyukai ini: