Ada Pacuan Kuda HUT Ke 442 Kota Takengon

Foto : Salah satu moment pacuan kuda oleh joki cilik yang berlangsung di dataran tinggi Gayo saat diabadikan Aceh24.com. Puluhan ribu masyarakat memadati hiburan gratis ini.

LHOKSEUMAWE-Hari Ulang Tahun (HUT) Ke 442 Kota Takengon bakal dimeriahkan kegiatan pacu kuda tradisional. Ratusan kuda pacu akan memanfaatkan arena H M Hasan Gayo, Belang Bebangka, Pegasing, Aceh Tengah.

Joki cilik tanpa pelana memeriahkan pacuan kuda di dataran tinggi Gayo beberapa waktu lalu. Aceh24.com

Lalu kapan ? Pemerintah setempat menjadwalkan 25 Februari hingga 3 Maret 2019 mendatang.  Kabag Humas Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah, Mustafa Kamal saat dihubungi Aceh24.com, membenarkan ada pacuan kuda dalam rangka HUT Kota Takengon.

“Sudah kita infokan kepada pordasi di Gayo Lues, Bener Meriah, Aceh Tengah, Aceh Tenggara dan Aceh Besar, untuk mengirim julah kuda yang ikut,” kata Mustafa Kamal, Sabtu petang.

Pacuan kuda di Takengon memang sudah dikenal sejak tahun 1850 lalu di masa jaman Belanda. Hiburan ini tentu mendapat sambutan sangat antusias dari masyarakatnya.

Terlebih lagi, kuda-kuda pacu asal kabupaten tetangga bakal ikut meramaikan. Ya, seperti Bener Meriah, Blang Kejeren maupun kuda pacu asal Aceh Tenggara.

Seperti disampaikan seorang warga Lhokseumawe, Lazuardi yang senang melihat pacuan kuda sambil nikmati kopi gayo. “Bila tak ada aral melintang, setiap ada agenda pacuan kuda di Takengon, saya pasti datang bersama keluarga. Hanya saja, penginapan yang sering penuh. Jadi pulang-pergi Lhokseumawe-Takengon,” katanya.

Disebutkan, kunjungan bersama keluarga ke Takengon, tak saja harus ada hiburan pacuan kuda. Bila akhir pekan, sebulan sekali dipastikan menikmati udara sejuk kota berjuluk negeri Malem Dewa itu.

Selain warga, sejumlah wartawan di Lhokseumawe dan Aceh Utara, juga sangat antusias menikmati pacuan kuda sekaligus hunting foto di Takengon.  Rahmad fotografer LKBN Antara mengaku senang dengan agenda di Kabupaten Aceh Tengah setiap tahunnya.

Kata dia, liputan di Takengon, penuh dengan nuansa alam keindahan ditambah dengan komoditi pertanian masyarakat yang sangat menjanjikan. “Hiburan, tentu saja ada pacuan kuda, tarian tradisional, pasar kaget di keliling arena pacuan kuda juga bisa jadi pemberitaan dan foto ekonomi,” pungkas Rahmad Yd kepada Aceh24.com.

Nah, ingin hiburan gratis bagi warga pesisir sekaligus menikmati udara sejuk dan kopi Gayo- Catat tanggalnya 25 Februari hingga 3 Maret 2019. Aceh24.com

 

Foto : Salah satu moment pacuan kuda oleh joki cilik yang berlangsung di dataran tinggi Gayo saat diabadikan Aceh24.com. Puluhan ribu masyarakat memadati hiburan gratis ini.

Facebook Comments
CATEGORIES
TAGS
Share This