24 C
Aceh
24 Oktober 2020
Aceh24
Aceh Berita Foto

Aceh Lomba Batu Unik

Batu jenis giok bertulis angka 7 milik seorang warga Kota Lhokseumawe. Aceh24.com

LHOKSEUMAWE-Aceh Kembali Meugiwang adalah momentum perlombaan batu mulia. Berbagai batu giok dan jenis langka diperlombakan di Taman Seni Budaya selama empat hari (9-12/11).

Sedikitnya dua ribu jenis batu siap ambil andil untuk diperlombakan, kata Nasrul Sufi selaku Ketua Pelaksana kepada wartawan di Banda Aceh.

Batu berbentuk sepatu bayi dengan les warna merah disekeliling tapak. Belum diketahui jenis apa batu ini. Batu tersebut diperoleh seorang warga Lhokseumawe, disekitar sungai kawasan Gunung Salak,lintasan KKA-Bener Meriah, beberapa tahun lalu. Aceh24.com

Nah, ini jenis-jenis batu yang sudah masuk untuk diperlombakan yaitu kelas batu gambar, kelas Idocrase, kelas Calcedony, kelas Bacan, kelas Kalimaya, kelas Panca Warna Kristal dan Badar, kelas Nephrite, kelas Black Jade, kelas Es Jade, kelas Amethis.

Soal hadiah, juga tidak mau kalah. Sebab, Panitia pelaksana mempersiapkan dana pembinaan bagi juara umum sebesar Rp 20 juta, juara dua Rp 10 juta dan  juara tiga Rp 5 juta.

Selain yang disebutkan tadi diatas,  kelas yang diperlombakan ada juga kelas Bulu Macan dan Klawing/Jasper, kelas Tapak Jalak, kelas Yakut dan Kecubung Wulung, kelas Sulaiman dan Guliga, kelas Batu Raja, kelas Teratai dan kelas Unik Antik.

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Aceh, Jamaluddin mengungkap  festival batu mulia tersebut bertujuan untuk meningkatkan kunjungan wisata ke Banda Aceh dan Provinsi Aceh secara umum.. Aceh24.com/Detik.

Foto : Cincin batu jenis giok berornamen angka 7 milik seorang warga Lhokseumawe. Hanya sayang, tidak ikut meramaikan dalam moment Aceh Meugiwang 2019. Aceh24.com.

Foto : Batu berbentuk seperti sepatu bayi dengan les warna merah disekeliling tapak. Batu dan belum diketahui jenisnya ini diperoleh seorang warga Lhokseumawe, di kawasan sungai gunung Salak, Lintasan KKA-Bener Meriah, beberapa tahun lalu. Aceh24.com

Related posts

Longsor, Akses Jalan Gunung Salak ke Bener Meriah Ditutup

Redaksi Aceh24

KPK Perpanjang Penahanan Bupati Bener Meriah

Redaksi Aceh24

Sempat Longsor Jalan Geumpang Meulaboh Kembali Lancar

Redaksi Aceh24