Abu Letusan Gunung Sinabung Sampai Pulau Simeulue

Foto : Kenderaan warga Pulau Simeulue, Aceh, yang diselimuti abu erupsi Gunung Sinabung, Senin (10/6). BPBD setempat menetapkan status darurat bencana tiga hari dan membagikan masker. Aceh24.com

# BPBD Siaga Darurat

LHOKSEUMAWE-Meletusnya Gunung Sinabung, Kabupaten Karo, Sumatera Utara, pukul 16.28 WIB, Minggu (9/6) menghantarkan abu vulkanik sampai ke pulau Simeulue, Aceh.

Kehadiran abu Sinabung sampai ke pulau penghasil udang lobster itu, hanya selang 6 jam kemudian. Kenapa tidak ?. Warga mulai merasakan adanya aroma bau terbakar pukul 23:00 WIB, Minggu malam (9/5). Dan, pagi hari halaman rumah dan atap sudah diselimuti abu vulkanik.

“Tadi pagi saya sempat kaget saat melihat mobil kok sudah dipenuhi debu. Saya kira ada yang iseng lempar pasi,”  kata Gusni NM dan Sabu Nasir, dua pengguna mobil Dinas Pemkab Simeulue.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Simeulue, telah menerapkan status siaga darurat bencana selama tiga hari,” kata

“Ini positif abu vulkanik meletusnya Gunung Sinabung, “ kata Ir Ali Hasmi Kepala Pelaksana Harian Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Simeulue, yang didampingi ‎Kepala Sekretariat BPDB Zulfadli, ST, M.AP, Senin (10/6).

Kenderaan warga pulau Simeulue, diselimuti abu erupsi gunung sinabung, senin (10/6).

Pasca abu gunung ketinggian 2.460 meter meletus, maka Kabupaten Simeulue menetapkan status siaga darurat bencana. “Kita telah menetapkan selama tiga hari status siaga darurat bencana dan status ini bisa berubah atau diperpanjang jika kondisi semakin gawat,” ujar Ali Hasmi.

Tak hanya menetapkan status siaga, pihak BPBD setempat,pun telah mempersiapkan ribuan masker untuk dibagikan kepada masyarakat, menghimbau masyarakat untuk menggunakan masker, dan untuk berdiam diri di rumah lebih baik dari pada keluar tanpa ada tujuan yang penting..

Sementara pihak Basarnas Provinsi Aceh, menyebutkan telah meningkatkan status siagakan seluruh sumbernya.  Terutama Alat Utama (alut) dan personil. Hal itu disampaikan ‎Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A Banda Aceh Budiono, yang dihubungi, Senin (10/5).

“Kita siagakan 24 jam seluruh sumber daya Alat Utama (alut) dan personil dan siap untuk dikerahkan, bila situasi debu erupsi gunung Sinabung semakin memburuk dan intruksi ini berlaku ke seluruh Pos Basarnas di Provinsi Aceh”, katanya.

Sebelumnya, Kepala Pusat Data dan Informasi BNPB, Sutopo Purwo Nugroho dalam siaran tertulis yang diterima Aceh24.com, letusan disertai suara gemuruh dan awan panas  ke arah Tenggara 3,5 km dan Selatan 3 km serta terdengar suara gemuruh sampai ke pos pengamatan G. Sinabung.

PVMBG melaloporkan letusan terjadi pada 9 Juni 2019 pukul 16:28 WIB. Kolom abu berwarna hitam dengan intensitas tebal condong ke arah Selatan. Erupsi ini terekam di seismogram dengan durasi ± 9 menit 17 detik. Aceh24.com

 

Foto : Kenderaan warga Pulau Simeulue, Aceh, yang diselimuti abu erupsi Gunung Sinabung, Senin (10/6). Aceh24.com

 

Facebook Comments
CATEGORIES
TAGS
Share This