7.527 Jiwa Mengungsi Dampak Banjir dan Longsor DIY

F ilustrasi

LHOKSEUMAWE- Hujan lebat seharian wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Minggu kemarin (17/3) mengakibatkan banjir serta tanah longsor landa di tiga kabupaten dan menyebabkan 7.527 jiwa mengungsi.

Hujan lebat disebabkan adanya Siklon Savannah di Samudera Hindia, Barat Daya Lampung, mengakibatkan pelambatan angin di Wilayah Jawa. Suhu permukaan laut yang tinggi menyebabkan pembentukan awan hujan di wilayah Jawa, ungkap Kepala Pusat Data Informasi BNPB Sutopo Purwo Nugroho, Senin siang (18/3/2019).

Menurut Sutopo, dampak banjir di Kabupaten Kulon Progo sebanyak 580 jiwa masyarakat mengungsi yang tersebar di 6 titik.  Di Kabupaten Gunung Kidul ada 39 jiwa. Sedangkan Kabupaten Bantul terjadi pengungsian di 32 titik dengan jumlah 6.908 jiwa.

Dua warga dilaporkan meninggal yaitu Sudiatmojo (80) dan Painem (70). Tiga orang lainnya sedang dalam pencarian.

Banjir dan longsor juga menyebabkan 20 rumah rusak berat, 1 talud, 4 akses jalan dan tiga jembatan rusak. Sedangkan akibat angin kencang terdampak 5 rumah rusak, 8 titik akses jalan dan 5 akses jaringan listrik rusak.

Sedangkan kebutuhan mendesak, kata Sutopo adalah kebutuhan selimut bagi pengungsi, obat-obatan, popok bayi, air mineral dan susu bagi ibu hamil. Aceh24.com

 

Comments

comments

CATEGORIES
TAGS
Share This