AcehBerita FotoNusantara

6 Bulan Honor Imum Gampong Belum Dibayar-Bangkrutkah Pemda Aceh Utara

 

Enam Bulan Honor 852  Imum Gampong di Aceh Utara Belum Cair

Bangkrutkah Pemda Aceh Utara ?

LHOKSUKON-Sudah enam bulan jerih atau honor imum gampong di Kabupaten Aceh Utara, belum dibayar oleh pemerintah daerah setempat.  Bukan hanya itu, honor 852 geuchik beserta perangkatnya juga mengalami nasib serupa.

Padahal, honor imum gampong disebutkan sebulan menerima Rp 500 ribu rupiah. Sedangkan jumlah imum gampong di kabupaten yang memperoleh dana gampong dari pemerintah pusat tahun  2017 ini mencapai Rp 635 miliar.

Sayangnya, bila benar enam bulan belum dibayar juga berarti Rp 500.000 X 852 imum gampong X 6 bulan = Rp 2.556.000.000. Kemana uangnya.

Nah, bila honor geuchik saja diperkirakan mencapai Rp 6.134.000.000, belum juga. Itu belum lagi, honor perbulan perangkat gampong yang terdiri dari kepala dusun Rp 600 ribu/bulan, bendahara Rp 500 ribu/bulan, operator gampong Rp 250 ribu/bulan dan tuha puet Rp 300 ribu/bulan. .  Banyak nian jumlahnya.

Bupati Aceh Utara, H Muhammad Thaib yang dikonfirmasi awal Aceh24.com, Rabu pagi (27/12) meminta langsung penjelasan kepada Sekretaris Daerah (sekda) Aceh Utara, Abdul Aziz. “ Tolong Tanya ke sekda untuk kejelasan. Kenapa tidak dibayar gaji imum dan geuchik,” ujar bupati.

Sebelumnya, Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Kekayaan Daerah (BPKKD) M Nasir saat dihubungi Aceh24.com,belum memberikan jawaban. Baik melalui sms maupun whatsapp, Rabu menjelang siang.

Begitu pun dengan Sekretaris Daerah Aceh Utara, Abdul Aziz. Ya, kenapa belum dibayar honor  imum gampong dan geuchik serta perangkatnya, hingga H-3 berakhirnya tahunj 2017. Apakah pemerintah Aceh Utara, diambang bangkrut.

Terlebih lagi, Bupati Aceh Utara, H Muhammad Thaib, pernah menyinggung  kalau ABPD kabupaten berpenduduk mendekati angka 570 ribu jiwa  sempat mengalami defisit mencapai ratusan miliar atau sekitar 225 miliar tahun sebelumnya.

                                                     Dewan Terkejut

Ditempat terpisah, Wakil ketua DPRK Aceh Utara, Mulyadi, CH yang dikonfirmasi Aceh24.com, sekira pukul 10.25 WIB,  juga merasa terkejut bila honor imum gampong belum dibayar. “Saya akan hubungi langsung bagian keuangan daerah. Kenapa belum dibayar. Kan sayang sekali imum gampong bila benar sudah enam bulan belum menerima honor,” kata Mulyadi CH.

Lebih lanjut dikatakan, kalau honor geuchik di Aceh Utara, sudah diketahui akan segera dibayar. “Geuchik akan dibayar. Tapi kalau honor imum gampong ini akan kita tanya langsung. Ya, saat ini saya lagi rapat komisi. Sesudah itu akan kita Tanya ke bagian keuangan,” kata Wakil Ketua DPRK Aceh Utara, Mulyadi,CH. Aceh24.com

 

 

 

 

Related Articles

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
%d blogger menyukai ini: