AcehBerita FotoNusantara

4 Mobil Damkar Aceh Utara, Barang Rongsokan–HUT Ke 99

Foto : Petugas Damkar Aceh Utara apel HUT Ke 99 di Halaman Kantor Bupati Aceh Utara, Kamis (1/3). Sayangnya, dengan luas wilayah ternyata empat unit mobil damkar sudah jadi barang rongsokan akibat minim dana.

4 Mobil Damkar Jadi barang Rongsokan

Apel HUT Damkar Aceh Utara ke-99

LHOKSUKON-Pemerintah Kabupaten Aceh Utara menggelar apel bersama dalam rangka memperingati HUT ke-99 Pemadam Kebakaran tahun 2018. Apel ini berlangsung di halaman Kantor Bupati, Kamis ((1/3), dipimpin oleh Asisten I Sekdakab Aceh Utara, Dayan Albar, SSos, MAP, diikuti oleh seluruh Kepala SKPK, para camat dan seluruh pejabat eselon.

Saat membacakan amanat Menteri Dalam Negeri, Tjahyo Kumolo, Asisten 1 Dayan menyebutkan dalam praktiknya di berbagai daerah, beban tugas dan risiko pekerjaan yang ditanggung Pemadam Kebakaran belum mendapat apresiasi yang memadai.

Oleh karena itu, Menteri Dalam Negeri Tjahyo Kumolo berharap kepada seluruh pengambil kebijakan, baik eksekutif maupun legislative, untuk bersama-sama mengambil langkah kebijakan optimalisasi penyelenggaraan urusan kebakaran tersebut.

Hanya sayang, Kepala BPBD Aceh Utara, Munawar, saat dihubungi mengaku operasional Damkar Aceh Utara, mengalami kendala seperti empat armada pemadam rusak parah. “Saat ini saja ada empat mobil pemadam yang rusak. Tapi kita sangat minim anggaran,” kata Munawar menjawab Aceh24

Lebih lanjut ditambahkan Adharyadi, Kabid Pemadam mengatakan dari 10 armada pemadam kebakaran hanya 6 unit yang bisa operasional untuk wilayah kerja di empat pos yang ada.

“Empat unit mobil sudah terduduk di pos dan tidak bisa dipakai lagi. Apalagi, kenderaan pemadam semua tahun rendah,” kata Adhar.

 

Dijelaskan, empat wilayah pos tersebut masing-masing berada di Landing, Lhoksukon, Pasar Inpres, Krueng Mane dan pos damkar di Alue Bilie, Kecamatan Baktiya.

Disinggung anggaran yang minim, Adharyadi mengungkapkan dalam setahun untuk operasional hanya sekitar 300 juta. Uang segitu buat beli BBM, oparsional  maupun beli oli dan service.

“Ini kita harapkan dana buat operasional Damkar Aceh Utara, dapat ditambah,” pinta Adhar lagi.

Dilanjutkan, saat ini ada jumlah keseluruhan 108 orang. Dari jumlah itu, 83 diantaranya merupakan pegawai kontrak.

Foto : Petugas Damkar Aceh Utara apel HUT Ke 99 di Halaman Kantor Bupati Aceh Utara, Kamis (1/3). Sayangnya, dengan luas wilayah ternyata empat unit mobil damkar sudah jadi barang rongsokan akibat minim dana.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button
%d blogger menyukai ini: