AcehBerita FotoNusantara

381 Meninggal Korban Gempa Lombok-BNPB 131 Orang

Jenazah korban gempa di kawasan RSUD Lombok Utara/ist

# 270.168 Orang Mengungsi

LHOKSEUMAWE- Hari ketiga pasca gempa 7 SR mengguncang Nusa Tenggara Barat (NTB) Lombok, korban meninggal bertambah menjadi 381 orang. Jumlah itu merupakan korban di Lombok Utara.

Efek lain dari gempa yang menghancurkan ribuan rumah menyebabkan 270.168 orang terpaksa mengungsi. Demikian informasi diterima Aceh24.com langsung dari Lombok Utara, Rabu malam (8/8).

Data tersebut merupakan hasil pertemuan para camat bersama Bupati yang disampaikan oleh Kepala Dinas Sosial Provinsi Nusa Tenggara Barat, Ahsanul Khalik.

Di LombokUtara saja korban meninggal 347 orang. Sementara perkembangan situasi hingga pukul 15 Wita menyebutkan 381 orang. Korban luka mencapai 1.033 orang. Dan, rumah rusak mencapai 22. 721 unit.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutupo Purwo Nugroho yang dihubungi Aceh24.com, malam ini menyebutkan dalam situasi darurat bisa saja data berbeda-beda.

Dikatakan, data dampak korban gempabumi 7 SR yang mengguncang wilayah Nusa Tenggara Barat terus bergerak naik. “Data korban meninggal dunia menurut BNPB dan BPBD NTB sebanyak 131 orang untuk wilayah NTB dan Bali, hingga Rabu siang,” ungkap Sutupo.

Ia mencontohkan data yang beredar saat ini antara lain data laporan TNI meninggal 381 orang. Sementara pernyataan Gubernur NTB menyebutkan 226 orang. Basarnas juga 226 orang. “Sedangkan data menurut Bupati Lombok Utara sebanyak 347 orang,” papar Sutupo Purwo Nugroho.

Oleh karena itu, perlu koordinasi bersama menyamakan data korban bencana. Hal ini dapat disepakati di Posko Utama Tanggap Darurat Bencana,” pungkas Sutopo.

Mahasiswa Aceh Galang Dana

Guna meringankan derita korban gempa Lombok, mahasiswa di Lhokseumawe, dan beberapa kabupaten lainnya mulai menggalang dana. Seperti disampaikan Reza kepad Aceh24.com, Rabu siang di Lhokseumawe.

Tiga titik dijadikan pos untuk menggalang dana yaitu di Lhoksukon, Aceh Utara,Simpang Empat Krueng Geukuh dan kawasan Taman Riyadah Lhokseumawe.

Dari Banda Aceh, ditengah berlangsung Pekan Kebudayaan Aceh Ke 7, juga dibuka posko bantuan gempa Lombok. Tentu saja, melalui intruksi Plt Gubernur Aceh, Ir Nova Iriansyah. Aceh24.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
%d blogger menyukai ini: