Aceh

IOM Pindah 36 Pengungsi Rohingya ke Medan

Aceh24.com, Lhokseumawe – Pengungsi Rohingya yang ditampung Balai Latihan Kerja (BLK) Lhokseumawe Desa Meunasah Mee Kandang Kecamatan Muara Dua, Kota Lhokseumawe, dipindahkan ke Medan, Sumatera Utara.

Pemindahan pengungsi Rohingya merupakan hasil kesepakatan dan rekomendasi dengan pemerintah Indonesia, International Organisation for Migration (IOM), Komisioner Tinggi Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk Pengungsi (UNHCR) dan Pemerintah Kota Lhokseumawe.

36 Warga dari 92 pengungsi tersebut dipindahkan secara berkala dari penampungan sementara tersebut ke Padang Bulan, Medan, Pada Kamis Malam (25/3/2021) menggunakan dua unit bus dengan pengawalan ketat oleh jajaran Kepolisian Polres Lhokseumawe.

ION Pindah 36 Pengungsi Rohingya ke Medan

Lihat Juga: Mobil Dinas PPPA dan KB Masuk Jurang
Lihat Juga: Kalender MotoGP 2021. Indonesia Masih Cadangan

IOM Indonesia, Programme Coordinator ECHO Project, Sonya Safitri, mengatakan bahwa untuk melindungi pengungsi, mengharapkan kita untuk membantu memindahkan dari penampungan sementara ini ke tempat yang lebih aman. Bahkan sejak 2001, dilokasi tersebut sedang beroperasi program perlindungan (protection) terstruktur oleh IOM.

“IOM  juga sudah melaksanakan kerjasama dengan dinas kesehatan dan Puskesmas. Jika pihak Puskesmas tidak menangani, maka akan dirujuk ke rumah sakit yang telah bekerjasama dengan IOM,” tutur Sonya.

Dalam hal pendidikan anak-anak, semua biaya akan didanai oleh IOM, dengan bantuan UNI Eropa. Pihaknya telah bekerjasama dengan Dinas Pendidikan setempat untuk memberi kesempatan untuk bisa belajar di sekolah umum. Namun, anak-anak akan diajarkan lebih dulu bahasa Indonesia. (QBO)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
%d blogger menyukai ini: