30 Ekor Gajah Ngamuk Rusak Rumah di Aceh Utara

Dok : Gajah liar dihalau ke pedalaman hutan di Lhok Keutapang, Tangse, Pidie, beberapa waktu lalu. ist

LHOKSUKON-Sekitar 30 ekor gajah liar mengamuk. Akibatnya belasan rumah dan lahan masyarakat di dua dusun dalam wilayah Gampong Cot Girek, Kecamatan Cot Girek, Kabupaten Aceh Utara, rusak.

Camat Cot Girek, Maksum yang dihubungi membenarkan adanya amukan gajah di wilayahnya. Hanya saja jumlah rumah rusak dan tanaman warga belum mendapat data lengkap. “Benar ada amukan gajah yang merusak rumah warga. Tapi data lengkap belum saya peroleh jumlahnya,” kata camat.

Sementara itu, Geuchik Cot Girek, Wagimin kepada Aceh24.com, Rabu sore (12/6) mengakui ada belasan rumah yang di rusak hewan pemilik gading itu.  “Kawasan itu merupakan jalan lintas gajah. Saat peristiwa itu ada sekitar 30 ekor,” kata Geuchik.

Menurut Wagimin dari dua dusun yang terparah amukan poe meurah itu adalah lahan warga di Abah Buloh. Sedangkan Dusun Lubuk Tilam hanya sedikit.  “Kita disini ada 18 dusun. Lahan sawit, karet, pinang dan coklat juga dirusak gajah,” katanya.

Lebih lanjut disebutkan, amukan gajah merusak lahan perkebunan warga maupun rumah sudah terjadi sejak tahun 1990 an. “Kita berharap pihak BKSDA mau melakukan upaya penangkaran untuk menjinakkan gajah. Beberapa waktu lalu ada upaya itu.di kawasan Batu Lat.  Hasilnya amukan gajah sedikit teratasi. Namun, saat ini tak ada lagi,” kata Wagimin.

Kendati demikian, selaku geuchik dia pun berterima kasih kepada BKSDA telah mendatangkan dua ekor gajah untuk menghalau atau menjinakkan rombongan gajah liar tersebut.

Hingga berita ini diturunkan, belum diketahui berapa kerugian dialami akibat rusaknya rumah dan lahan perkebunan masyarakat. Aceh24.com

 

 

Facebook Comments
CATEGORIES
TAGS
Share This