Aceh

18 Ekor Sapi Hewan Qurban Pemkab Aceh Utara

# Polres Lhokseumawe Qurban 15 Sapi

LHOKSUKON- Sebanyak 18 ekor sapi hewan qurban Pemerintah Kabupaten Aceh Utara. Penyembelihan hewan qurban berlangsung, Selasa (20/7) seusai solat Idul Adha 1442 H.

“Ada 18 ekor lembu hewan qurban,” kata Kabag Humas Pemkab Aceh Utara, Andre, Rabu pagi (21/7).

Sementara itu, jajaran Polres Lhokseumawe, melakukan penyembelihan 15 ekor sapi. Penyembelihan berlangsung di mapolres setempat, seusai berlangsung solat Idul Adha 1442 H.

“Kita ada sembelih qurban sebanyak 18 ekor lembu,” kata Kasubbag Humas Polres Lhokseumawe, Salman Alfarasi, Rabu (21/7).

Polres Lhokseumawe, qurban 15 ekor sapi

Nah lalu apa inti berqurban ? Tentu saja berawal dari pengorbanan Nabi Ibrahim AS yang paling besar dalam sejarah umat manusia. Peristiwa yang dialami Nabi Ibrahim bersama Nabi Ismail bagi kita harus dimaknai sebagai pesan simbolik agama, yang mengandung pembelajaran.

Yaitu ketakwaan. Pengertian taqwa terkait dengan ketaatan seorang hamba pada Sang Khalik dalam menjalankan perintah dan menjauhi larangan Nya.

Sehingga kehidupan di dunia tidak terpisah dari upaya meraih kehidupan hasanah di akherat nanti. Tingkat ketakwaan seseorang dengan demikian dapat diukur dari kepeduliannya terhadap sesamanya.

Lalu, hubungan antar manusia. Ibadah-ibadah umat Islam yang diperintahkan Allah senantiasa mengandung dua aspek tak terpisahkan yakni kaitannya dengan hubungan kepada Allah (hablumminnalah) dan hubungan dengan sesama manusia atau hablumminannas. Ajaran Islam sangat memerhatikan solidaritas social.

Kehidupan saling tolong menolong dan gotong royong dalam kebaikan merupakan ciri khas ajaran Islam. Hikmah yang dapat dipetik dalam konteks ini adalah seorang Muslim diingatkan untuk siap sedia berkurban demi kebahagiaan orang lain khususnya mereka yang kurang beruntung, waspada atas godaan dunia agar tidak terjerembab perilaku tidak terpuji seperti keserakahan.

Kemudian,  peningkatan kualitas diri. Hikmah berqurban pun memperkukuh empati, kesadaran diri, pengendalian dan pengelolaan diri yang merupakan cikal bakal akhlak terpuji seorang Muslim. Aceh24.com dan berbagai sumber

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button
%d blogger menyukai ini: